Sekilas Tentang Rangking Alexa Scam

 Rangking Alexa Scam ?Konon menginstal toolbar alexa membantu situs kita cepat diindex google . Sy pernah membaca pengalaman blogger cepat terindex google. Pengalaman dia membuktikan hubungan toolbar alexa dgn google. Pada suatu hari dia baru saja memulai blog baru. Walau blog baru punya satu posting, Hello world, googlebot sudah berkunjung. Hal ini luar biasa karena setelah dianalisa ternyata blog baru itu sama sekali tidak punya link inbound maupun outbound . Namanya juga blog baru lahir.

GoogleBot, sang Bot Google

Secara teori SEO, peristiwa indexing itu mustahil. Sesuai panduan resmi google dinyatakan googlebot bekerja mengikuti link. Tidak ada yg namanya random link ataupun random indexing. Setiap situs yg bisa dicari pd search engine itu harus dijelajahi googlebot terlebih dahulu.
Sementara, seperti orang buta, robot spider ini didesain mengikuti tautan link semata. Menurut prinsip SEO, bila sebuah website tidak memiliki link rujukan dari situs lain maka googlebot tdk bisa berkunjung ke sana karena dia tidak tau lokasi domain website tsb. Jadi bagaimana mungkin website tanpa link eksternal bisa diindex ?
Setelah berpikir keras, dia curiga anomali index ini disebabkan toolbar alexa pada browser internet explorer yg dimilikinya. Padahal secara teori (lagi), toolbar itu berfungsi sebagai alat bantu pengguna browser dan bukannya pengundang spider google. Namun tampaknya logis bila google menggunakan informasi Alexa bagi sistem ranking dan index database mereka.

Rangking Alexa Scam ?

Biasanya Toolbar Alexa tidak berguna bagi kebanyakan pengguna. Pengguna awam jarang sekali menyadari potensi pemanfaatnya. Potensi itu bisa membantu mempercepat blog baru terdaftar di database search engine google dan yahoo. Memang pemanfaatan yg hendak sy ajarkan itu mirip penipuan / scam hehehe. Modus penipuan itu berhasil dikarenakan tidak adanya verifikasi kebenaran total traffik website. Singkat cerita, rangking Alexa itu bogus !
Misalnya, kita punya blog baru seperti contoh kasus blogger barusan. Dia memiliki blog yg belum memiliki inbound maupun outbound. Secara statistik, rangking alexa blog blogger itu masih ?no data?. Namun dia bisa membuatnya meloncat ke posisi 300.000 dalam waktu satu bulan tanpa tehnik maupun konten segar.
Caranya dengan mengupdate dan browsing blog dia sendiri, setiap hari dan setiap saat. Berkat adanya toolbar Alexa, browser kita bisa menjadi sumber traffik sekalipun hanya kita sendiri saja yg berkunjung ke blog tsb. Not a fancy technique, but effective .

Nielsen Rating dan Black Hat SEO Tool

Bila kamu ingat dengan perusahaan Nielsen, yg terkenal dengan rating Nielsen. Maka kamu akan menyadari bahwa proses penghitungan rangking televisi mirip dengan Toolbar Alexa. Setiap televisi yg jadi sampel akan dibekali satu set Nielsen Box. Seperti meteran parkir, gadget nielsen ini akan menghitung berapa lama acara televisi ditonton.
Memiliki Alexa Tool bar yg ter-install itu seperti gadget Nielsen, hanya saja data yg dikumpulkan itu berbasis kebiasaan surfing internet kita. Data terkumpul nanti meentukan website mana yg populer sekaligus rekomendasi apakah situs tersebut pantas berada pada posisi 10 besar SERP (Search Engine Result Page).
2 Alasan di atas memberi alasan bagi saya segera menginstall. Sy ingin menyaksikan angka rangking alexa internet itu meroket cepat. Kita tau (asumsi) kalau Google rutin mengindex website alexa dan memanfaatkan informasi yg diindex spider / robot alexa terlebih dahulu . Bila search engine tersibuk, google, sudah mempercayai data alexa, maka bisa diartikan Yahoo dan MSN juga mencari data ke sana juga. Oleh karenanya, Toolbar ini bisa menjadi Black Hat SEO tool. Walau bukan tool yg canggih tapi effisien.

Sisi Gelap Alexa dan Google Pagerank

Bagi kebanyakan orang, rangking alexa dan Google PR adalah pertimbangan utama saat memikirkan link exchange atau pertukaran link. Sejujurnya sy mengerti logika dan cara berpikir ini. Keduanya memang penting sekaligus omong kosong.
Rangking alexa bisa diakali dan Pagerank tidak berguna saat kita hendak memasarkan produk atau jasa. Saya sering mendengar cerita blog PR 3 yg cuma dikunjungi 20 orang setiap hari. Bila dikali 30 hari jadi 600 orang per bulan. Lalu setahun menjadi 7200 orang. Sekilas angka 7 ribu setahun itu besar, yah . Tapi percayalah, ada ratusan ribu blog yg dikunjungi minimal 7 ribu orang dalam sehari. So, fuck them both (baik alexa maupun pagerank) ! Traffik pengunjung adalah lebih vital dari keduanya.
Sy tidak pernah mengerti mengapa alexa bisa menjadi benchmark, standar, atau pertanda sebuah situs itu hebat atau tidak. Padahal rangking itu sering kali tida akurat. Mungkin ini diseabkan mereka sudah mengindex internet sejak lama. Sy juga tidak tau mengapa banyak webmaster / pekerja web, yg menjadikan rangking alexa sebagai patokan progress. Mungkin karena Rating Alexa ini lebih mudah dimanipulasi dibandingkan pagerank.

0 comments:

Followers

Total Pageviews

Popular Posts

 
© Abu Fawwaz Offical WebBlog : SOOHOO21 , Offical Web : SOOHOO21
Template by : G-JO
;